Ramadan di Perantauan


Alhamdulillah, kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah dan ampunan. Kapan lagi orang berbondong-bondong pergi ke masjid untuk salat Tarawih? Kapan lagi sekeluarga duduk di satu meja makan untuk menunggu waktu berbuka? Dan, kapan lagi orang berbondong-bondong datang ke Masjid terdekat untuk mendapat Takjil (buka puasa) gratis *eh. Semua itu hanya terjadi di bulan Ramadan.

Bagi orang lain mungkin Ramadan tahun ini sama seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Namun bagi gue, Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kenapa? Ya udah pada tahu lah ya, Gue kuliah di Semarang dan harus hidup terpisah dari pelukan ayah bunda *hikz.

Menjalani puasa di perantauan tentulah berbeda dengan puasa di rumah sendiri. Seperti dua sisi mata uang, menjalani puasa Ramadan dengan keadaan jauh dari orang tua ternyata memiliki sisi positif dan negatif, suka dan duka nya tersendiri. Seperti berikut ini

      1. Ngabuburit 

Ngabuburit
(www.szaktudas.com)
Istilah Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, yakni "Burit" yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk menunggu datangnya waktu berbuka (azan magrib). Nah, kalau biasanya di rumah ngabuburit bareng keluarga atau mungkin sendiri, di sini gue ngabuburit bareng teman. 

Kegiatan yang dilakukan sih standar. Satu jam sebelum azan magrib keluar asrama trus cari makanan buat buka puasa. Seringkali ketika ngabuburit, gue ketemu teman-teman satu jurusan dan satu fakultas. Melihat para mahasiswa keluar rumah dan berburu makanan tentu pemandangan yang memberi kesan tersendiri. Ya siapa tahu pas lagi ngabuburit eh malah ketemu jodoh (?)   
  
2.  Tarawih dengan suasana berbeda

Salat Tarawih di Masjid Kampus Undip
(BEM KM UNDIP)
Tahun-tahun sebelumnya, gue tarawih di Musala dekat Komplek rumah gue. Namun di ramadan tahun ini gue salat tarawih di Masjid Kampus (Maskam) UNDIP. Lalu, mengapa gue bilang suasana tarawihnya berbeda ? bukankah sama-sama salat ? Nah, yang membedakan adalah ketika tarawih di Musala dekat rumah, jarang gue liat teman-teman yang gue kenal. Jadi kalau selesai Salat ya langsung pulang. Ga ada sensasinya. Trus juga kalo di musala dekat rumah, jamaah nya kebanyakan orang-orang tua. Jarang gue temui remaja yang salat di sana.

Tetapi di Maskam, gue temukan sensasi tarawih yang berbeda. Di sana gue sering bertemu teman-teman satu jurusan. Jadi kalau abis solat, bisa lah ngobrol-ngobrol sedikit. Dan bagi gue, jamaah nya yang kebanyakan remaja (mahasiswa) memberikan pemandangan yang spesial. Entah kenapa. Ya siapa tahu abis solat tarawih malah dapet Jodoh (?).

Baca Juga :


S.E tengah Mati Menuju S.E


Suka Duka Kerja Part time


Tips-tips Jitu Perang KRS

3. Azan Magrib di Semarang 16 Menit Lebih Cepat dari Jakarta
Buka Puasa
(www.iberita.com)
Azan magrib adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Karena perbedaan jarak yang lumayan jauh, maka waktu buka puasa (azan magrib) di Semarang dan Jakarta berbeda cukup lama, yakni sekitar 16 menit. Ketika awal-awal puasa (tanggal 1-3 Ramadan), waktu azan magrib di Semarang itu pukul 17.34. Nah pas gue balik ke Jakarta karena minggu tenang (sekitar tanggal 4 Ramadan), azan magrib di sana jatuh pukul 17.50. Wah, lumayan lama juga perbedaannya. Apalagi dengan cuaca Jakarta yang kering dan panas membuat satu menit menunggu berbuka saja berasa satu jam *halah

    4. Sahur Sering Kesiangan
sahur
Jika di rumah gue mengandalkan Ibu/bapak buat membangunkan sahur, maka di Semarang gue lebih mengandalkan alarm HP untuk membangunkan sahur. Tak ayal hal itu membuat gue sering bangun kesiangan dan akhirnya ga makan sahur :". Pernah waktu itu ibu gue nelpon buat bangunin sahur, eh gara-gara HP gue di-silent, akhirnya ya gak gue angkat. Pas bangun udah jam setengah 7. Pernah juga gue dibangunin temen gue jam 3 pagi buat sahur. Begini ceritanya

Temen gue : Wa, bangun wa. Sahur
Gue : *Bangun* *ngecek HP* *Masih jam 3* tidur 5 menit lagi ah *tarik selimut*

Pas Bangun
“Allahu akbar… Allaaaahu Akbar”
 Gue : Ya Allah kesiangan lagi :""""

Pantesan gue tidur nyenyak banget. Orang gue tidur bukan 5 menit lagi, tapi 1.5 jam. Kadang di situ saya merasa sedih :"(

     5. Ujian Sambil Puasa

Puasa bukanlah ajang untuk bermalas-malasan. Benar saja, Ujian Akhir Semester (UAS) kali ini berbarengan dengan puasa ramadan. Mengerjakan soal sembari berpuasa tentu memiliki sensasi tersendiri. Di saat teman-teman yang lain sudah menikmati liburan puasa bersama keluarga, sementara mahasiswa-mahasiswa UNDIP harus berjuang melawan UAS :"). Oleh karena itu, di kalangan mahasiswa UNDIP terciptalah sebuah peribahasa:

"UAS ADALAH CARA KAMI MENYAMBUT LEBARAN" 
   
 6. Siapin Makan Sahur dan Buka Puasa Sendiri
Menu Buka Puasa
(www.omaq.org)
Ini sih udah jelas ya. Kalau di rumah biasanya makan sahur dan buka puasa udah disipain sama emak tercinta. Kalo di Semarang, gue harus menyiapkan makan sahur dan berbuka sendirian. Yang sedih mah kalau pas sahur, pas buka tempat nasi, eh nasinya abis. Gak tahunya gue lupa masak nasi. Mau keluar cari makan males njir. Pagi-pagi. Dingin banget. Alhasil, harus rela sahur ga makan nasi. Yah begitulah, manusia memang tak luput dari salah dan lupa.

7. Berburu Takjil di masjid terdekat
berburu takjil gratis di masjid kampus Undip
Bagi anak kos, takjil gratis yang disediakan pengurus masjid sangat membantu untuk mengurangi biaya pengeluaran. Apalagi ketika ada makanan lebih biasanya akan dibawa pulang untuk sahur atau makan malam. Setelah buka puasa bersama biasanya akan dibarengi dengan salat magrib dan salat tarawih bersama. Hayoo kalo udah kenyang jangan langsung kabur, salat dulu!

Ya, itulah beberapa suka dan duka selama menjalani ibadah puasa di perantauan. Namun, di manapun kita menjalani puasa, tujuannya tetap satu : Kembali Suci di Hari yang Fitri. Selamat berpuasa di manapun kalian berada!

ramadhan adalah 4 minggu yang penuh rahmat, 30 hari yang bernilai ibadah, 720 jam yang penuh nuansa keagamaan, 43.000 menit yang penuh ampunan, 2.592.000 detik yang penuh kebahagiaan

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.