Jalan Puanjaaaaaaang Menuju Undip


Selamat Tahun Baru para pembaca setia *azzeeek.! Semoga di tahun yang baru ini kita menjadi individu yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Nah pada postingan pertama di tahun 2016 ini, gue akan sedikit menceritakan kisah perjalanan dan perjuangan gue buat masuk ke Universitas Diponegoro (Undip). Adapun latar belakang gue menulis postingan ini adalah karena banyak adek-adek pembaca setia blog ini *eaaaa yang bertanya lewat SMS tentang gimana sih kok gue bisa 'nyangsang' dari Jakarta ke Semarang buat kuliah. 

Widya Puraya Undip

Ya, Tuhan telah menggariskan takdir gue buat kuliah di Undip, salah satu universitas terbaik di Indonesia. Kenapa gue beri judul Jalan Puanjaaaaaaang Menuju Undip? Karena jalan buat masuk Undip panjang dan penuh liku-liku. Ini dia singkat ceritanya.


1. Masa Kelas 12 SMA (Ujian Nasional dan SNMPTN)

SMA tercinta
Masa-masa kelas 12 adalah momok paling menakutkan bagi siswa SMA. Ya, mereka akan mengahadapi Ujian Nasional yang menentukan kelulusan mereka. Di kelas 12 ini siswa juga akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN ini memungkinkan siswa untuk masuk PTN tanpa melalui ujian/seleksi tetapi lewat nilai rapot. Alhamdulillah dulu gue termasuk murid yang berprestasi *eaaaa wkwk.

Dan dengan berbekal nilai rapor yang lumayan bagus, gue memilih Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad) sebagai pilihan pertama dan kedua. Kenapa UI dan Unpad? Yaiyalah, selain jarak dari rumah gue cukup terjangkau, reputasi UI sebagai univeritas terbaik di Indonesia udah ga bisa diragukan lagi. Sementara Unpad gue pilih karena lokasinya di Bandung yang ga terlalu jauh dari Jakarta.

siapa sih yang gak mau masuk UI?
Tanggal 20 Mei 2014 bertepatan dengan hari kebangkitan nasional adalah hari pengumuman kelulusan. Alhamdulillah gue lulus dengan NEM yang bagus. Nah bermodal NEM yang bagus itu juga gue semakin YAKIN kalo gue bakalan keterima di UI. Tetapi seminggu kemudian..... Udah tau dong kelanjutannya gimana? Yap. Tepat sekali GUE KETERIMA DI UI!!! Wkwkkw. Boongin. Gue gagal SNMPTN. Iya... gagal.. ;"") Aku rapopo.

Awalnya sih rapopo, eh pas tau temen-temen gue pada dapet di PTN pilihannya, akhirnya air mata ini jatuh juga :(. Saat itu gua merasa gak sedih sih, tapi lebih ke bingung. Bingung mesti mulai dari mana. Bayangin aja, untuk masuk ke PTN, gua harus ikut ujian SBMPTN, tetapi di sisi lain gua ga ada persiapan sama sekali (gak ikut bimbel, intensif, atau sejenisnya).

2. Fase Kejatuhan dan Kebangkitan Menghadapi SBMPTN
Gagal keterima SNMPTN membuat gue bener-bener jatuh. Bahkan gue ga mau dateng ke acara wisuda (padahal udah bayar). Hmmm lebay juga ya gue dulu, haha. Ya gimana ga sedih, udah yakin bakalan masuk UI, eh ga taunya gagal. Ibarat kata udah diterbangin sampe langit ke-tujuh tiba-tiba dijatuhin ke bumi. Dan celakanya, gue gak ikut les bimbingan belajar. Tapi, itulah hidup. Life must go on, right? Percuma juga terus menangisi nasib. Ya, gue harus bangkit! Dengan dukungan dan semangat dari Bapak dan Ibu tercinta, gue pun perlahan-lahan bangkit. Beruntung gue punya temen-temen yang selalu mensuport gue. Gue lalu belajar bareng temen-temen gue yang ikut bimbel. Gue fotokopi soal mereka, lalu dibahas bersama. Cuma itu modal gue menghadapi SBMPTN.

Di SBMPTN, gue masih memilih UI. Duh entah kenapa dulu gue terlalu obsesi banget sama UI. Di pilihan kedua, gue memilih universitas yang berlokasi di Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM). Tapi takdir tetap berkata lain. Lagi-lagi gue gagal lolos SBMPTN. Kali ini gue ga terlalu sedih, karena emang gue minim persiapan buat menghadapi SBMPTN.

3. Tak Berkutik Menghadapi Soal UM-UGM


Usai SBMPTN,  saatnya universitas-universitas negeri menggelar ujian mandiri. Waktu itu Simak UI dan UM-UGM pelaksanaannya berbarengan (22 Juni 2014). Dan gue memilih ikut UM-UGM. Biaya nya cukup mahal, yakni Rp300.000 ditambah biaya mahasiswa non-Jogja Rp150.000 (kalo ga salah). Gue memilih UM-UGM karena gue pikir soalnya bakal lebih gampang dari Simak UI. Ternyata perkiraan gue salah besar. Gua nyaris ga berkutik saat melihat soal UM UGM. OMG!!! Mau nangis rasanya wkwk. 

Dan hasilnya pun mudah ditebak, lagi-lagi gue gagal. Waktu itu gue beneran sedih karena udah ngecewain orang tua. Ditambah lagi uang yang kebuang percuma cukup banyak. Tapi orang tua gue selalu bilang kalo uang itu bisa dicari. Mereka selalu menghibur gue. Orang tua memang 'pembohong' yang pintar. Padahal saat itu, ekonomi keluarga gue bisa dikatakan sedang surut...

Baca Juga :


S.E tengah Mati Menuju S.E


Suka Duka Kerja Part Time


Puasa Ramadan Pertama di Perantauan


4. UM Undip, Harapan Terakhir :")
Ada secercah harapan lagi saat sahabat gue, Cepot, ngasih tau kalo Undip buka ujian mandiri. Saat itu gue antara mau dan ga mau, karena gue takut gagal dan buang-buang duit kayak UM-UGM kemarin. Namun kali ini entah kenapa gue merasa optimis bakal berhasil. UM Undip termasuk unik, karena di jalur soshum (IPS), ada soal ujian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Dan yang lebih untungnya lagi, buku PKn kelas 12 gue belom dibuang. Haha. Tuhan memang Maha Tahu.

Pengumuman UM-Undip rencananya tanggal 8 Agustus 2014. Tapi ketika maghrib tanggal 6 Agustus, ada SMS dari si Cepot, katanya pengumuman UM Undip dimajuin jadi hari ini. GILZZZZ GUE DEG-DEGAN parah. Kalau UM Undip kali ini gagal lagi, alamat gua bakal ikut SBMPTB tahun depan... Sebelum gue minta liatin Cepot hasil seleksi gue, gue solat maghrib terlebih dulu. Memohon hasil terbaik kepada Maha Kuasa.  Setelah berdoa dan pasrah kepada-Nya, gue pun membuka SMS dari Cepot dan isinya:




LU KETERIMA DI EKONOMI PEMBANGUNAN 




Me be lyke

Gilaaak. Rasanya udah kayak ketiban bulan. Langsung gue kasih tau kabar gembira ini ke ibu dan bapak gue. Dan ibu gue pun langsung nangis seraya memeluk gue. Aku masih bisa merasakan sensasinya sampai sekarang :") Haha. Bayangin selama berbulan-bulan di-PHP-in sama PTN impian, eh sekarang gue udah resmi jadi mahasiswwa Undip. Gue keterima di Ekonomi Pembangunan Undip sementara Cepot keterima di Kesehatan Masyarakat Undip. Cepot ini nasibnya sama kayak gue, gagal SNMPTN, gagal SBMPTN, gagal UM UGM, akhirnya keterima di Undip bareng gue.  

Oiya, sebelum pengumuman UM-Undip, gue juga ikut SPMB, SPMB ini adalah ujian masuk yang diikuti oleh 11 PTN seluruh Indonesia (termasuk Undip). Di SPMB ini gue memilih Undip, eh keterima juga wkwk. Gue keterima di jurusan Ekonomi Islam. Tapi setelah berunding dengan orangtua, gue memutuskan untuk memilih jurusan Ekonomi Pembangunan.



Ya, di sinilah gue sekarang, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip. Awalnya memang gak pernah ada bayangan buat kuliah di sini. Tapi, Ada Banyak Jalan Menuju Roma, Ada Banyak Jalan Menuju Kesuksesan. Jika gagal, coba lagi! Gagal lagi, coba lagi! Apabila tertutup satu pintu, maka Dia akan membuka seribu pintu untuk kita. Yakin lah, Tuhan memiliki banyak cara untuk membahagiakan umat-Nya. Tuhan lebih tahu apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Kalau gue kuliah di UI, mungkin gua ga bakal bisa naik motor gigi. Kalau gue kuliah di UI, mungkin gue ga bakal merasakan makan nasi pake garam doang. Kalau gue kuliah di UI, mungkin gue ga bakal bisa cuci baju sendiri. Kuliah di Undip telah mengajarkan gue banyak hal. Di balik semua kejadian selalu ada hikmah, bukan??

Teruntuk almamater tercinta, Universitas Diponegoro.
Terima kasih atas 4 tahunnya yang luar biasa.


"Every dark cloud has a silver lining"


Semoga Menginspirasi :)

64 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Betul banget, tuhan lebih tahu apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan. sangat menginspirasi mas :)

    BalasHapus
  4. Thank you sangat membantu. Dan jujur gue juga gagal di snmptn,sbmptn bahkan gue juga gagal di IPDN :') tapi gue percaya tuhan telah mempersiapkan yg terbaik buat gue. Semoga tahun ini di terima di undip dan ga bikin orang tua kecewa lagi. Aamiin
    Lanjutin cerita-cerita yg lain nya bro gue tunggu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaminn! Tetapp semangat bos!! Yakinlah, di balik sebuah kegagalan pasti ada hikmahnya! Semangat Diponegoro Kobarkan di Dada!!

      Hapus
  5. Kak mau nanya, di undip kan ada tes kesehatan. Nah itu ngapain aja ya tesnya? Takut darah soalnya hehe. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masuk undip tahun 2014, kalo ga salah tes kesehatannya cuma tes bebas narkoba, berat badan, tinggi badan, tekanan (tensi) darah. Ada sih tes bebas buta warna, tapi itu khusus jurusan tertentu. Sekarang tes kesehatannya wajib di RSND ya??

      Hapus
  6. Waktu daftar um undip spi nya yang 30/40? Soalnya aku juga mau ikut um undip

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku masuk undip tahun 2014, belum dikenakan SPI. Tapi UKT dapet golongan yg paling tinggi (golongan 7). Untuk SPI juga tergantung fakultasnya, untuk FEB 30-40 juta

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Hallo kak mau bantu jawab saya mahasiswa fisip undip 2016 kalo tes kesehatan itu seinget saya tahun lalu hanya tes tinggi badan,berat badan,mata(minus tidak), dan cek narkoba jd gaada tes kesehatan yg diambil darahnya hehe. Kalo untuk spi um undip itu baru diterapkan tahun 2016 jd kalo dilihat dr review nya kakak pemilik blog ini dia lolos um undip sebelum tahun 2016 jd blm menerapkan sistem spi. Terimakasih semoga membantu:))

    BalasHapus
  9. kak, aku sudah daftar um undip dan tanggal 8 juli 2017 besuk tesnya, aku mau tanya apakah dalam tes tersebut ada nilai mati atau minus nggak? terus klo untuk kedokteran gigi itu saingannya banyak gak kak? mohon fast respon hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap tes pasti ada nilai mati/minus. Kalo dulu sih, benar : +4, tidak menjawab = 0, salah = -1 (kalo ga salah soalnya itu hampir 4 tahun lalu). Kalo masalah persaingan sih tergantung trend pendaftar, jadi ga bisa dipatok ketat/tidak

      Hapus
    2. oh gitu, lahh untuk um undip apakah soal soalnya tidak jauh beda dari tahun tahun sebelumnya, katanya ada yg bilang gitu apa bener kak?

      Hapus
    3. @fradika cahendra bener soal um undip gk jauh2 Dari soal tahun2 kemaren ? Tpi Coba aja download soal tahun2 sebelumnya buat dipelajarin. Btw tanggal 8 saya juga ikut um undip :)

      Hapus
    4. oh iya sya dari minggu minggu kemarin latihan soal soal undip tahun 2015 sma tahun 2016 smoga gak jauh beda ya sma soal soal kmarin, sukses kawan btw ambil prodi apa?

      Hapus
    5. Kalo soal mungkin ada beberapa yg jenisnya sama. Belajar aja dari soal tahun lalu :)
      Good luck untuk kalian berdua!!

      Hapus
    6. amiinnn makasih kak hehe, la kalau yg bahasa dlu dikerjain berapa soal kak?

      Hapus
    7. kak kalau ada soal terus gak ada jawabannya pdhal sudah sesuai konsep ngerjainnya itu tetep diisi apa kosongin aja? tapi akakah gak sia sia tuh udah bisa mlah gak ada jawabannya

      Hapus
    8. soal bahasa juga aku kurang nguasain, dulu aku yg banyak ngerjain itu soal PKN dan soshum. Biasanya kalo ada soal yang ga ada jawabannya, dianggap bonus. Tapi kalo ada jawaban yg mendekati, pilih jawaban yg mendekati

      Hapus
  10. Permisi mohon maaf, boleh minta soal mandiri Undip tahun lalu untuk anak saya?

    BalasHapus
  11. Mau nanya kak, saat ngerjain soal undip kaka ngerjain smua nya atau gmn? Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bisa aku isi, yang gabisa aku tinggalin. Intinya jangan pernah ngasal karena kalo jawaban salah dihitung minus. Dulu matdas aku cuma jawab 7 dari 20an soal

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. kak mau tanya, misal klo ambil jurusan um nya sastra apa nanti pas tes soal" bahasa lebih diberatkan nilainya atau sama saja? terimakasih

    BalasHapus
  14. Saya kemarin ketrima IESP Undip via SBMPTN kak :) apakah ada tips buat menjalani kuliah di IESP? semacam materi2/pelajaran2 apa yang harus dikuasai? saya mau persiapkan mulai dari sekarang.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. woww selamat yaa. untuk persiapan semester 1, mata kuliahnya masih berupa pengatar (introducing), seperti pengantar akuntansi, pengantar manajemen, pengantar bisnis, dan pengantar teori ekonomi, jadi masih mata kuliah basic (dasar).
      Kalo tips menjalani kuliah di jurusan IESP, kamu harus kuat dalam analisis kasus. Karena semua mata kuliah IESP itu basic nya analisis kasus.

      Hapus
    2. Kalau untuk semester 2 gimana kak?
      Saya pernah baca2 katanya kuliah ekonomi itu susah, harus pinter matematika. Nah, saya penasaran susahnya itu pada mata kuliah apa aja kak? ._.

      Hapus
    3. kalo semester 2 sih udah mulai belajar inti ekonomi kayak ekonomi mikro, makro, moneter. Iya, mau ga mau kalo masuk IESP, matematika dan kemampuan analisis kita harus kuat. Kalo mata kuliah susah sih justru adanya di semester akhir, dek, misal Ekonometrika, Ekonomi Internasional, dll

      Hapus
  15. kok ceritanya hampir sama kaya gua ya kak, cuman bedanya gua ga dapet kuota snmptn. serasa udah gaada harapan ditolak 2 kali ama ugm di sbm/utul coba2, ikut mandiri laen ga keterima ampe 3 kali, eh taunya pengumuman terakhir undip keterima wwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ternyata ada yaa orang yg bernasib hampir sama kayak gua :D. BTW keterima di jurusan apa nih?

      Hapus
  16. Kak aku maba undip jalur snmptn. Aku memang dulunya anak ipa cuman gatau kenapa sejak sma aku malah lebih minat masuk soshum aja kalo nanti kuliah. Tapi pas snmptn kan katanya kalo lintas jurusan susah tuh ipa ke ips gt peluangnya kecil bgt jd kuurungkan niatku buat ambil soshum di snmptn karena aku dulu takut kalo misal harus sbm. Dan skrg akhirnya aku di fsm. Cuman aku merasa kurang sreg aja gitu dg ilmu ilmu eksakta. Gmn kak?apa aku harus sbm lagi tahun dpn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku rasa kita punya masalah yang sama. Di awal kuliah, aku merasa salah jurusan. Aku pilih jurusan ilmu ekonomi karena aku pikir ga aakan ketemu mata pelajaran matematika lagi, ternyata ini salah besar, di jurusanku ternyata ada matematika ekonomi, bahkan sampe 2 kali. Dan bahkan ada mata kuliah statistika ekonomi sampe 2 kali. Aku merasa salah jurusan waktu itu. Tapi aku berpikir bahwa adalah sebuah tantangan. Aku yang ga suka matematika, terpaksa harus belajar matematika lagi. Aku juga berpikir kalau di luar sana, banyak yang menginginkan posisi aku.
      Dan hal ini pun berlaku buat kamu, anggaplah ini sebuah tantangan. Dan saranku, jalanilah apa yang ada dan perbanyak bersyukur :)

      Hapus
  17. Kaka belajarnya dr soal tahun2 kah ??

    BalasHapus
  18. Kaka belajarnya dr soal tahun2 kah ??

    BalasHapus
  19. Kaka belajar dr soal um tahun lalu apa gimana ka. ?

    BalasHapus
  20. Halo ka.makasih banget udah ngasih cerita yang menginspirasi buat aku.aku udh ketolak 4x kali.dari snmptn,sbm,politeknik negeri,um unair,sisa nya um undip dan unnes.aku berharap banget ka um undip ini ak masuk.pengen banget buat ortu plong jdi ga repot nyari2 kuliah lagi dan ini emng univ impian aku banget :(.doain ya ka.besok sore pengumuman nya.semoga mendapatkan yang terbaik :)

    BalasHapus
  21. Gan. Ane ikut um undi tahun ini, lulus fisika s1. tapi uang pangkalnya mahal amatt. Emng dulu gak ada uang pangkal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sejak 2016 yang Ikut UM Undip dikenakan uang pangkal. Tapi uang pangkal itu bisa dicicl kok

      Hapus
  22. Kak sistem biaya UKT nentuinnya gimana kak ? Apakah ada form yang suruh ngisi gaji perbulan ortu atau gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga salah dulu kita disuruh pilih, mau langsung nerima golongan tertinggi atau ngajuin banding. Nah nanti disuruh isi form kayak gaji orangtua, tanggungan orangtua, jumlah kakak, adik, dll. Itu seingetku sih hehe udah agak lupa soalnya udh 4 tahun lalu

      Hapus
  23. Ka maap mo nanya, sistem penilaian um undip itu gimana? Kalo ada soal yg jawabannya gatau/ragu mending gausah disi atau ngasal aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya sama seperti SBM. Kalau ada soal yang gak tau jawabannya sebisa mungkin jangan ngasal

      Hapus
  24. kalau SBUB Undip gimana ya maksudnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu waktu jamanku masuk Undip kayaknya belum ada deh SBUB. Mungkin SBUB itu semacam 'Talent Scouting' di universitas lain. Misal kamu punya prestasi di bidang akademik/non akademik, kamu bisa masuk Undip lewat Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Info lengkapnya bisa dibaca di sini : https://um.undip.ac.id/archives/27/informasi-sbub . Semoga membantu ya

      Hapus
  25. Hai kak,aku masih kelas sebelas,dan undip univ impian aku,tapi daerah aku di jambi,kalo masuk undip peluangnya besar nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya,kalo kuliah,tapi beda daerah ngaruh nggak peluang lulusnya kak?

      Hapus
    2. Gak ngaruh kok. Semua siswa dari Sabang-Merauke punya kesempatan/peluang yang sama buat masuk Undip :)

      Hapus
  26. kak kl ambil d3 perpajakan undip UM spi nya kira2 apa sebesar FEB (30-40jt) ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPI D3 (vokasi) biasanya lebih rendah dari S1 kok. Selengkapnya bisa diliat di sini ya : https://www.undip.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/SK-79-Penetapan-BKT-UKT-2018....-1.pdf

      Hapus
  27. Kak kalo mau cari soal um tahuntahun lalu dimana ya

    BalasHapus
  28. Kak mau tanya, ujian mandiri undip pake sistem minus ya? Apakah itu berlaku utk smua subtes atau ad pengecualian?

    BalasHapus
  29. Wahh ga inget tuh soalnya hampir 5 tahun lalu :D. Yang aku inget, dulu aku lebih banyak ngerjain soal bahasa, ekonomi, dan PKN-nya.

    BalasHapus
  30. kak mau tanya, semisal keterima pssb vokasi undip tgl 23 maret, sedangkan utbk itu bulan April, terus kalo keterima sbmptn, apakah yg vokasi boleh tidak diambil?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.