(Masih Edisi KKN) :Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya


Bicara sebuah daerah atau wilayah tentu tidak terlepas dari tempat wisatanya. Masih dalam  edisi Kuliah Kerja Nyata (KKN), kali ini gua akan membahas mengenai tempat wisata apa saja yang ada di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Selain Museum Batik, Pekalongan masih menyimpan tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik. Tempat-tempat wisata ini bisa dijadikan referensi kalian jika berkunjung ke daerah yang terkenal dengan kerajinan batiknya ini. Tak usah menunggu lama, cusss ini dia tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi selama KKN di Pekalongan.

1.  Pantai Depok
Pantai Depok Pekalongan
Pantai Depok
Pantai Depok adalah pantai yang terletak di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Pantai berpasir cokelat ini dibuka pada tahun 2002. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga menawarkan fasilitas-fasilitas lain seperti tempat mandi, tempat bermain anak, tempat makan, dan toilet umum. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari ketika matahari terbenam. Indah banget yee kan lihat pemandangan matahari terbenam apalagi lihatnya bareng doi *eaaaaa. 

Tiket masuk ke Pantai ini cukup murah yakni hanya Rp 2000. Kabar gembira untuk anak KKN Undip, jika berkunjung ke sini menggunakan jaket KKN maka tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias GRATIS! Wah terima kasih jaket KKN :”)
Sunset di Pantai Depok Pekalongan
     2. Pantai Pasir Kencana

pantai pasir kencana
Jembatan Cinta
Gak afdol rasanya kalau berkunjung ke Kota Pekalongan tanpa mengunjungi pantai ini.  Pantai yang berada di Kota Pekalongan ini lokasinya dekat dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pekalongan. Tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 3000. Berbeda dengan Pantai Depok yang menggratiskan tiket masuk untuk anak-anak KKN, di Pantai Pasir Kencana hal ini tidak berlaku :”(. Pantai ini menawarkan berbagai fasilitas seperti tempat bermain anak, tempat bilas (mandi), kawasan hutan pantai, dan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini menjadi sebuah tempat yang wajib diabadikan jika berkunjung ke Pantai Pasir Kencana.

 3.  Kawasan Kota Tua Jetayu

Tugu BATIK Pekalongan
Tugu BATIK Pekalongan
Tak mau kalah dengan Jakarta dan Semarang, Kota Pekalongan pun punya kawasan kota tua yang disebut Kota Tua Jetayu. Kawasan yang terletak di Pekalongan Utara ini menawarkan keindahan bangunan peninggalan kolonial seperti Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pekalongan, Kantor Pos Pekalongan, Museum Batik Pekalongan, Gereja Santo Petrus, Pabrik Limun, Jembatan Loji, dan lainnya. Selain bangunan peninggalan pemerintahan kolonial, di Kawasan Jetayu juga berdiri bangunan bersejarah lainnya seperti Kelenteng Pho An Thian. Di kawasan ini juga berdiri sebuah masjid indah dengan kubah berwarna emas bernama Masjid Al Ikhlas. Jika berkunjung ke kawasan ini, ada satu tempat yang wajib untuk dikunjungi yakni lapangan Jetayu dengan monumen BATIK di dalamnya.
Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan
4.  Alun-Alun Pekalongan dan Masjid Agung Pekalongan

Masji Agung Pekalongan
sumber : cintapekalongan.com
Seperti halnya kota lain di Indonesia, Kota Pekalongan juga memiliki alun-alun. Tak ubahnya alun-alun lainnya, alun-alun Kota Pekalongan terdiri atas sebuah lapangan luas yang dikelilingi oleh pedagang-pedagang, baik makanan, pakaian, oleh-oleh, dan lain sebagainya. Makanan yang dijual di sini juga beraneka macam mulai dari sate kambing/ayam, gulai kambing, soto ayam, mie ayam, dan bakso. Tepat di seberang alun-alun terdapat sebuah masjid bernama Masjid Agung Al Jami Pekalongan. Masjid dengan dominasi warna putih ini dibangun pada tahun 1842 M oleh Raden Arjo Wirijo, Bupati ketiga Pekalongan. Masjid bergaya Jawa Arab ini memiliki sebuah menara dengan tinggi 27 meter. 

5. Kawasan Wisata Linggoasri
Kawasan Wisata Linggoasri
Kawasan Wisata Linggoasri dilihat dari Menara Pandang 
Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Memiliki ketinggian 700 meter, kawasan ini terletak di kaki Gunung Dieng, dan terletak di jalan yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Wonosobo. Kawasan wisata ini menawarkan bermacam fasilitas seperti outbound, kebun binatang mini, gardu pandang, taman terbuka hingga, tempat bermain anak. Kawasan Linggoasri juga menawarkan fasilitas baru yakni rafting dan arung jeram dengan memanfaatkan aliran Kali Paingan (gua dan teman-teman KKN ga sempet nyobain rafting karena kebetulan sedang hujan). Tiket masuk? Kalo ga salah sekitar Rp 5000
naik gajah di Linggoasri
 6. Tempat Belanja Batik
Pusat Grosir Batik Pekalongan
Gak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke Pekalongan lalu pulang tanpa membawa buah tangan khas Pekalongan, apalagi kalau batik. Nah, baik di Kota Pekalongan maupun di Kabupaten Pekalongan banyak banget tersebar toko-toko yang menjual kain batik maupun olehannya, mulai dari pakaian, tas, dompet, topi, dll. Salah satu tempat yang tepat untuk belanja oleh-oleh olahan batik dalam jumlah besar adalah Pasar Grosir Batik Pantura yang terletak di Jalan Wiradesa, Jalur Pantura, Kabupaten Pekalongan. 

Pasar Grosir Batik Pantura adalah kumpulan dari toko-toko yang menjual souvenir dari bahan batik. Di sini dijual berbagai macam produk olahan batik dengan harga yang lumayan miring. Jika kita membeli dalam jumlah yang banyak (borong), maka penjual tidak segan-segan memberi diskon yang lebih besar. Menarik kan? Selain Pasar Grosir Batik Pantura, masih di Jalan Wiradesa, ada pula tempat belanja oleh-oleh Batik yang terkenal dari Pekalongan yakni International Batik Centre (IBC).

IBC
dicomot dari grosirbatikmodern.com
Dari segi ukuran, IBC ini jauh lebih besar dari Pasar Grosir Batik Pantura. Tapi ketika KKN, gua ga sempat pergi ke sana karena desas-desusnya sih harga barang di IBC mahal-mahal (katanya loh ya). Yaaaa namanya juga mahasiswa, paling anti kalo udah denger kata 'mahal' wkwkwk.

7. Pusat Perbelanjaan (Mall)

Plaza Pekalongan
(via : wikipedia)
Kabupaten Pekalongan memang belum memiliki pusat perbelanjaan (mall). Tapi tenang, guys! Buat kalian yang hobi shopping-shopping syantik, Kalian bisa mampir ke pusat perbelanjaan yang ada di Kota Pekalongan. Kota Batik ini memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti Borobudur Plaza, Carrefour Pekalongan, hingga Plaza Pekalongan. 

8. Alun-Alun Kajen

Pendopo Kajen
via situsbudaya
Alun-alun ini berada di Kecamatan Kajen yang merupakan ibukota Kabupaten Pekalongan. Di alun-alun ini terdapat Pendopo Kajen, Rumah Dinas Bupati, Kompleks Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, kompleks DPRD Pekalongan, juga sebuah masjid bernama Masjid Al Muhtaram (atau biasa disebut Masjid Agung Kajen). Alun-alun ini biasanya ramai pada hari libur dan menjadi alternatif wisata bagi penduduk Pekalongan.



Nah itu lah dia kiranya tempat-tempat wisata yang bisa kalian kunjungi ketika sedang mampir di Pekalongan. Sebenrnya masih banyak tempat-tempat wisata di Pekalongan yang worth it buat dikunjungi seperti Pantai Slamaran, Pantai Wonokerto, Kampung Batik Wiradesa, dll. Tapi apa daya karena keterbatasan waktu maka hanya tempat-tempat di atas lah yang gua kunjungi selama KKN. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi jalan-jalan ketika di Pekalongan ya!

Once a year, go someplace you've never been before

-Dalai Lama

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. wah asik ya dgn jaket kkn bisa masuk pantai gratis, padahal jaket kkn sendiri harganya 80++ :(

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.